Advertisement

Tidak, Tidak Seperti Itu, Enggak Kerenlah...!

M au marah tapi aku tidak tahu harus marah pada siapa, ketika aku mengetahui banyak artikel dari blog ini di copas mentah-mentah oleh sebuah blog hantu (karena memang tak ada tanda kehidupan di sana) yang sama sekali enggak kerenlah . Jengkel juga karena untuk berkomentarpun tak bisa dalam blog kocak itu, akhirnya aku memutuskan langsung melaporkannya pada google dmca, karena blog tersebut secara tidak langsung sudah membuat duplikat konten dan itu jelas merugikan.

Sesama blogger kita harus saling menghormati, di dunia maya ini jika kita pikir-pikir tidak terlalu jauh berbeda dengan dunia nyata, dimana tenggang rasa dan kebersamaan tetap terasa kental, boleh saja, copy paste tapi jangan sampai membuat duplikat konten, edit dan kembangkan topik menurut kreativitas masing-masing itu jauh lebih baik. Jika kita menulis sebuah artikel yang kita tahu artikel tersebut sudah pernah dipublish oleh blogger lain, maka berilah link menuju artikel yang bersangkutan sebagai rasa penghormatan dan juga menghargai kreativitas orang lain.

Heran aku, apakah dia sama sekali tidak berpikir jika untuk menulis sebuah artikel ringan saja sebenarnya memerlukan sebuah pemikiran dalam setiap susunan kalimatnya, jika tidak bisa menulis dan kurang hobi ya tidak usah pake acara ngebloglah, cukup jadi pecundang dan selalu terkagum kagum dengan tulisan orang.

Aku yakin kejadian yang aku alami ini banyak juga diantara sobat lain yang pernah mengalaminya, dan cara mengatasi permasalahan seperti ini juga tentunya beraneka macam cara, entah itu menegur secara baik-baik pada admin yang mengcopas artikel atau hingga mengadukannya pada google dmca yang mana sangsi berat berupa penghapusan blog akan diterimanya, seperti yang telah dijanjikan oleh pihak google sendiri, bahwa sanya google tidak akan segan-segan menghapus blog yang ketahuan copy paste. 

Tidak, Tidak Seperti Itu, Enggak Kerenlah...!

Banyak artikel yang telah membahas tentang cara melaporkan blog yang suka ngupil artikel orang, disini aku hanya kembali mengingatkan bahwa cara ini ditempuh jika pendekatan secara baik-baik sudah tidak bisa ditempuh lagi. ya sekiranya pengalaman ini bisa membawa manfaat juga untuk sobat. Bahwa seringan apapun tulisan yang telah kita publish tetap perlu kita jaga, boleh saja copy artikel orang tapi pertanyaannya mau sampai kapan coba? Dari jamannya algoritma google pinguin, panda hingga yang sekarang algoritma google hummingbird, tetap saja blog copy paste mah bakalan terancam terkena banned bahkan penghapusan blog.

Tidak ada yang bisa dibanggakan dan juga memang bukan untuk dibangga- banggakan, tujuan kita ngeblog adalah belajar dan coba berbagi pengetahuan dengan yang lain. Namun jika cara yang digunakan adalah dengan cara-cara seperti itu tetap saja enggak kerenlah.

Post a Comment

0 Comments