Advertisement

Cara Menyembunyikan Gadget Dalam Halaman Beranda Blog

Tujuan menyembunyikan gadget dalam halaman beranda blogspot ini, tidak lain dan tidak bukan hanya sekedar merubah tampilan serta membuat sebuah perbedaan antara tampilan beranda (home) dengan tampilan ketika kita berada di halaman artikel. Aku ambil contoh misalnya dalam blog ini yang sengaja aku sembunyikann adalah gadget recent post, maka pada beranda blog ini widget tersebut tidak akan terlihat. Selain itu juga bisa sedikit meminimalis tata letak gadget pada tampilan beranda blog. Dengan demikian berarti ketika kita sedang berada di halaman depan blog(beranda) maka gadget tersebut kasat mata atau tidak akan terlihat, nah lho! Lalu dimana kita akan menemukan gadget yang kita sembunyikan itu?... tenang saja, kita akan menemukannya dalam halaman artikel yang tayang. 

Oh… jadi seperti itu ya cara kerjanya!? M’bener, kita tinggal memilih gadget mana-mana saja yang ingin kita sembunyikan dalam beranda blog/web kita, dengan memberikan sebuah perintah show and hide pada salah satu kode dalam template blog. Iya sudah, sekarang bagai mana caranya agar gadget bisa di sembunyikan dan tidak tampil pada halaman beranda blog? Oke, tanpa menunggu komando lagi, berikut ini adalah cara menyembunyikan gadget dalam halaman beranda blog. Cekidot sobb… 

Cara Menyembunyikan Gadget Dalam Halaman Beranda Blog
Login kedalam dasbor blogger

Pertama-tama pilih tata letak terlebih dahulu, 

Kemudian pilih edit pada gadget yang akan disembunyikan, 

Setelah terbuka sebuah halaman baru, kemudiann lihat ID HTML gadgetnya, (misal id=html12) 

Setelah mengetahui id html gadget, sekarang pilih tempalte. 

Pilih edit html Centang juga deh kotak expand template widgetnya, 

kemudian copy paste kode berikut ini kedalam template blog sobat, tepat setelah kode ]]></b:skin> (dibawah kode ]]></b:skin>)

<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<style>
#HTML12 {display:none;}
</style>
</b:if>



Ubah id=html 12 dengan id html gadget yang hendak sobat buat tersembunyi, setelahnya jangan lupa pilih simpan template dan selesai deh.! Demikian saja cara menyembunyikan gadget dalam halaman beranda blog, buat sobat yang ingin mencoba aku ucapkan selamat mencoba semoga suksess dan bye-bye….

Post a Comment

0 Comments