Advertisement

CARA MEMBUAT HURUF DROP CAP PADA POSTINGAN WORDPRESS.COM

SEKILAS TENTANG DROP CAP

.
Sebelum lebih jauh bagai mana tata cara membuat huruf Drop cap pada postingan ini, ada baiknya kita coba mengenal sedikit lebih dekat tentang huruf Drop cap ini. Huruf Drop cap ini sering kita temui dibeberapa tulisan artikel majalah, Koran dan lain sebagainya. Yang membedakannya adalah dimana huruf pertama pada tulisan terlihat lebih besar dari huruf default atau bawaan nya,untuk lebih jelasnya bisa sobat lihat pada hurup awal postingan cara membuat huruf Drop Cap pada postingan ini.

Oya, karena di wordpress.com tidak bisa meng-edit HTML maka dari itu, setiap kali anda akan menggunakan/memasukan hurup Drop cap pada postingan, maka anda diharuskan untuk meng-coppy kode HTML tersebut. Lain halnya jika anda menggunakan blogspot.com kode HTML Drop cap tersebut dapat anda simpan pada template serta format entri postingan.sehingga kode tersebut menjadi otomatis muncul setiap kali anda membuat sebuah postingan. Boleh jadi atau mungkin inilah salah satu kelebihan dari blog yang berbasiskan Blogspot.com dimana anda bisa bebas meng-edit serta mengutak-atik tampilan template anda. (Next time akan aku posting juga tutorial cara membuat huruf Drop cap pada blogspot.com.)

Gambar01
Untuk sementara ini, Tutorial cara membuat huruf drop cap pada postingan, aku tujukan dulu buat tutorial blog wordpress.com,bagi kawan-kawan yang ingin menerapkannya pada blog wordpress.com sahabat, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :



<span style="float: left; color: black; font-size: 100px; line-height: 50px; padding-top: 5px; padding-right: 5px; font-family: Algerian; text-shadow: 4px 4px 8px #span&gt;;"> Huruf  awal </span>






Coppy paste (CTRL+C) kode yang ada diatas, kemudian masuk/ Login ke dasbord blog sobat. Setelah itu buat postingan baru, pada halaman tulisan pilih mode Teks jangan yang visual eah… setelah itu letakan kode yang didapat tadi dengan cara CTRL+V. masih dalam mode Teks,selanjutnya sobat ganti tulisan huruf awal dengan Huruf pertama  kalimat tulisan sobat, setelah menuliskan beberapa kata barulah sobat bisa beralih ke mode visual.

Tekan pratinjau untuk melihat hasilnya, jika sudah sesuai Anda bisa langsung publishkan atau menaruhnya terlebih dahulu dalam draf tulisan. Demikian tutorial cara membuat huruf drop cap pada postingan  wordpress.com semoga bermanfaat.



 

Post a Comment

3 Comments

  1. kalau di blogger sama apa gak caranya sob?

    terimakasih tutorialnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda sob, silahkan baca tutorialnya MEMBUAT HURUF DROP CAP PADA POSTINGAN BLOGSPOT

      Delete
  2. wah makasih sob..jadi keren artikel saya .. tes emak.xyz/master-seo-indonesia/

    ReplyDelete

Silahkan meninggalkan komentarnya.!
*(Mohon untuk tidak mencantumkan link hidup)