Advertisement

Cara Menyimpan Kode Script Di Google Drive

Google Drive Hosting Gratisan Yang Powerfull

Untuk menyimpan file sejenis javascript kini tidak sesulit dulu waktu zamannya google code, dimana jika dulu waktu zaman google code itu,setiap pengguna baru diharuskan mendaftar terlebih dulu, kemudian cara menyimpan file serta pengambilan kodepun harus melewati beberapa tahapan yang cukup membingungkan bagi seorang pemula. Namun kini dengan digantikannya tempat penyimpanan file dari google code ke google drive, kendala di atas sudah tak ada lagi.cukup hanya dengan satu akun google, maka kita bisa dengan leluasa menggunakan layanan penyimpanan file ini.

Nah, melalui postingan singkat ini aku akan mengajak sobat untuk sedikit meluangkan waktunya guna mempelajari cara menyimpan file ke google drive, karena sebagai blogger kita akan memerlukan google drive ini untuk kedepannya. Hal ini dikarenakan melalui google drive ini kita bisa membuat beberapa widget selain hanya dari menyimpan file, contoh kecilnya seperti membuat contact form. Baca cara membuat contact us di blogsot.

Cara Menyimpan File Ke Google Drive


Baik sekarang aku lanjutkan pada tatacara penyimpanan file ke dalam google drive, adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
1. Masuk ke Google drive
2. Lalu klik ‘buat’ gunanya untuk membuat sebuah folder baru
3. Pilih ‘folder’ kemudian harap masukkan nama untuk folder baru, dan setelah menamai folder tersebut lalu klik ‘buat’
4. Pilih atau klik pada nama folder yang baru saja sobat buat tadi, kemudian klik pada tombol ‘unggah’ yang terletak di kiri atas layar.
5. Pilih ‘file…’ kemudian cari fiolder file kode script yang sebelumnya telah sobat simpan dalam computer, kemudian klik ‘buka’
6. Tunggu hingga proses unggahan selesai,dan ketika sudah selesai, kemudian klik ‘berbagi’
7. Pilih ‘ubah’ kemudian pada bagian Opsi visibilitas centang pada bagian ‘publik di web’ dan lanjutkan dengan mengklik kotak ‘simpan’
8. Maka sobat akan di bawa kembali pada halaman yang ada dalam poin ke 7 di atas. Disini silahkan sobat copy tautan link berbagi yang ada , kemudian simpan dulu ke dalam notepad, lalu klik ‘selesai’ tutup juga layar unggahan yang ada.


Cara Mendapatkan Link File Kode Script


Untuk menyimpan atau mendapatkan link kode script tadi, dan lalu memasangnya ke dalam template atau ke dalam javascript caranya adalah sebagai berikut.
Buka notead tempat menyimpan sementara tautan berbagi yang pada bagian poin ke 8 di atas telah sobat simpan sebelumnya. Penampakannya kurang lebih seperti berikut ini:

https://drive.google.com/file/d/0B91gOKs41YXtMXBBcG1Sb0xBX2M/edit?usp=sharing


Lalu silahkan copy hanya pada bagian kode sandinya saja, atau lebih jelasnya hanya pada bagian kode yang sengaja aku warnai dengan warna merah tersebut. Kemudian untuk menyimpannya ke dalam template blog sobat hanya perlu merubah beberapa susunan kodenya hingga menjadi seperti berikut.

<script src="https://googledrive.com/host/0B91gOKs41YXtMXBBcG1Sb0xBX2M" type="text/javascript"></script>

Sisipkan kode tersebut dibawah kode </head> dalam template atau tempat asalnya.
Seperti itulah kurang lebih Cara Menyimpan Kode Script Di Google Drive akhir kata aku ucapkan Terima kasih karena sobat telah meluangkan waktunya untuk membaca dan juga mempelajari tulisan tentang tatacara penyimpanan file ke google drive ini. Insya Allah kita jumpa lagi pada Tutorial Ngeblog dan Cerita Bersambung lainnya. Bye-bye….

Post a Comment

6 Comments

  1. cara membuat secripnya gimana ya??
    punya saya ko tidak bisa di load

    ReplyDelete
  2. @Flawalpapers: copy paste sederet kode yang terbuka tersebut lalu simpan dengan format .js misal 'kode readmore otomatis.js' tanpa tanda kutip pada bagian simpan sebagai pilih 'All file' dan pengkodean pilih 'ANSI'

    semoga terbantu

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah dapat ilmu tambahan lg, terimakasih Gan....

    ReplyDelete
  4. Gan, trima kasih telah berbagi. tp kok setelah saya coba untuk masukkan kode google drive pada postingan file google drive nya ngga tampak. mohon sarannya. tks

    ReplyDelete
  5. terimakasih banyak mas atas bantuannya, salam kenal ya

    ReplyDelete

Silahkan meninggalkan komentarnya.!
*(Mohon untuk tidak mencantumkan link hidup)