Advertisement

Cara Memasang Google Analytics Ke Dalam Halaman Blog

Sekilas Tentang Google Analytics

Google memiliki kemudahan yaitu satu akun untuk semua aplikasi atau produk google dan ini benar-benar mempermudah para pengguna akun google sendiri, karena dengan satu akun dan satu sandi tersebut kita bisa masuk dan menggunakan beberapa produk serta aplikasi yang sungguh bermanfaat sekali untuk kita sebagai usernya. Tentunya selain menggunakan layanan gmail untuk keperluan surat menyurat, sobat juga menggunakan blogspot untuk membangun sebuah blog, adapula google drive tempat menyimpan beberapa file dan juga produk google yang lainnya.

Dan pada kesempatan ini aku akan coba berbagi pengalaman tentang cara memasang google analytics. Salah satu produk dari google yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan usaha online sobat di dunia maya ini. Google Analytics sendiri, kurang lebih mempunyai pengertian sebagai berikut:

Untuk mengetahui jumlah pengunjung berdasarkan rentang waktu tertentu, baik secara perhari, perminggu atau perbulan. Jumlah pengunjung tersebut bisa dikategorikan juga, untuk pengunjung baru dan pengunjung yang dating kembali atau returning visitor. Mengetahui halaman atau artikel yang paling sering dikunjungi, serta total jumlah kunjungannya. Google analytics merupakan analisis web yang memberikan wawasan kaya tentang kunjungan situs web, dengan fitur yang canggih namun tetap mudah untuk digunakan. Dengan ini sobat bisa membuat iklan ysng lebih bertarget, memperkuat program pemasaran serta membuat situs web dengan konvensi yang lebih tinggi.

Cara Mendapatkan Kode Google Analytics


Untuk mendapatkan kode ID pelacakan google analytics, aku akan memberikan tutorialnya melalui dasbor google webmaster tools. Namun sebelumnya, langkah pertama silahkan masuk kedalam dasbor blogspot sobat dulu , setelah itu buka Google WebMaster Tools

1. Masuk ke dalam dasbor google webmaster sobat, lalu klik ‘kelola situs’ kemudian pilih ‘properti google analytics’
2. Aktifkan data alat webmaster di google analytics, pilih ‘buat akun google analytics’
3. Tambahkan property web ke google analytics, lalu klik ‘OK’
4. Silahkan tunggu beberapa saat, dan setelah terbuka halaman google analytics kemudiann klik ‘pendaftaran’
Cara Memasang Google Analytics Ke Dalam Halaman Blog
5. Menyiapkan akun Anda,silahkan isi pada kotak ‘nama akun’ lalu pada bagian menyiapkan property anda, silahkan isi mulai dari ‘nama situs web’ lalu ‘Url situs web’pada masing-masing kotak yang tersedia. Dan pada bagian ‘kategori industri’ silahkan pilih salah satu kategori web sobat.

6. Pada bagian zona waktu silahkan atur ke ‘Indonesia’dan setelah itu silahkan klik ‘dapatkan ID pelacakan’ maka akan tampil form perjanjian persyaratan layanan, pilih ‘saya setuju’ jika sobat setuju dengan perjanjian tersebut, dan pilih ‘tidak’ jika sobat tidak menyetujuinya.
7. Langkah selanjutnya adalah copy ‘kode ID pelacakan’ dan pastekan kedalam halaman blog sobat.

Cara Memasang Kode ID Pelacakan Google Analytics


Setelah mendapatkan kode ID pelacakan, sekarang kita tinggalkan sejenak halaman google analytics-nya, silahkan masuk ke dalam dasbor blog dan kita akan memasang kode pelacakan google analytics tersebut.

1. Dalam dasbor blog
2. Pilih ‘setelan’ lalu pilih ‘lainnya’
3. Pada bagian setelan google analytics, silahkan sobat pastekan ‘kode ID pelacakan’ tadi. Kemudian klik ‘simpan setelan’ dan selesai.

Untuk melihat hasilnya silahkan sobat segarkan halaman google webmaster dengan cara merefreshnya, atau keluar dulu kemudian masuk lagi/ lakukan login kembali. Selanjutnya lakukan seperti dalam langkah—langkah di atas maka setelah di bawa masuk ke dalam halaman google analytics, sobat akan melihat laporan analisa situs web sobat. Well, demikian saja Cara Memasang Google Analytics Ke Dalam Halaman Blog semoga bermanfaat untuk sobat semua. Bye-bye….

Post a Comment

3 Comments

  1. tips menarik nih mas, dengan google analystic kita bisa memantau perkembangan blog :)

    ReplyDelete
  2. Tutorialnya sangat membantu gan. Terimakasih.

    ReplyDelete
  3. infonya ditambah lagi bos tentang google analytic, sangat membantu kami-kami yang newbie

    ReplyDelete

Silahkan meninggalkan komentarnya.!
*(Mohon untuk tidak mencantumkan link hidup)