Advertisement

Cara Mudah Menyimpan /Menyalin Template

Menyalin Template Blog

Ada cara yang kerap selalu aku lakukan ketika sedang mengutak atik template blog yakni,sebelumnya aku selalu menyalinnya terlebih dahulu, karena memang kode-kode html dalam template blog ini sifatnya benar-benar sangat sensitive, salah sedikit saja kita melakukan pengeditan sebuah kode, maka dia akan menolak untuk menyimpan. Terkadang kita merasa sudah benar melakukan pengeditan, namun ketika melihat hasil akhirnya ternyata jauh dari kita harapkan. Sementara untuk mengembalikan kedalam tampilan semula sudah tidak bisa karena ada beberapa kode yang telah terhapus.

Inilah salah satu cara untuk mengantisipasi terjadinya error dalam pengeditan template, yakni terlebih dahulu kita harus memback-up keseluruhan kode html tersebut dan menyimpannya dalam sebuah notepad ataupun office word dalam computer. Agar ketika terjadi sebuah error pada template kita tidak terlalu panic dan bisa dengan mudah mengembalikan kembali tampilan awal template blog kita.

Cara Menyalin Kode HTML Template Blog


Ketika sobat sudah berada dalam menu edit html atau jika diurutkan seperti demikian, ‘login kedalam dasbor blog’ pilih ‘template’ lalu pilih ‘edit html’ langkah selanjutnya arahkan kursor ke dalam kode html yang mana saja, tekan ‘CTRL+A’ dan setelah keseluruhan kode tersortir, langkah selanjutnya tekan ‘CTRL+C’ untuk mengcopy keseluruhan kode html tersebut.


Sekarang buka notepad, pilih ‘start’ kemudian ‘aksesories’ dan pilih ‘notepad’ sekarang pastekan atau tekan ‘CTRL+V’ agar kode html yang tadi sobat copy tersimpan dalam notepad. Ya, hal ini sama saja dengan mendownload atau mencadangkan template blog dalam langkah pengeditan html yang ada. Namun dengan cara ini pengerjaan pengeditan dan penyalinan kode html akan terasa lebih cepat karena tidak memakan waktu yang lama.

Untuk mengembalikan template kedalam tampilan awal, sobat bisa melakukannya dengan kebalikan dari cara di atas. Yakni pertama-tama tekan ctrl+a lalu delete semua kode html tersebut dan ganti dengan kode html yang tersimpan dalam notepad tadi. Hal ini dilakukan jika terjadi error saja pada template blog yang sedang sobat coba edit, jika memang tidak terjadi kerusakan/error sobat bisa mengabaikannya.
Baiklah, rasanya cukup sampai disini saja tulisan tentang cara mudah menyimpan template ketika hendak melakukan pengeditan, kita jumpa lagi dilain waktu serta cerita blogging lainnya. Bye-bye…

Post a Comment

0 Comments