Advertisement

Cara Membuat Kotak Pencarian

Kotak pencarian atau juga search box mempunyai fungsi yang sangat penting dalam suatu halaman blog, yay.! Setidaknya seperti itulah pandangan atau penilaian ku tentang fungsi dari kotak pencarian ini. Mengapa menjadi penting adanya? Karena dengan adanya kotak pencarian maka blog tersebut akan semakin mudah untuk dinavigasi, bukankah blog yang mudah dinavigasi akan disayang simbah Google?

 Cara Membuat Kotak Pencarian
Cara membuat kotak pencarian pada blogspot ini, menggunakan metedo atau cara yang sangat sederhana sekali, jadi sobat bisa dengan sangat mudahnya memasang widget kotak pencarian ini kedalam halaman blog sobat. 

Hanya perlu melakukan 5 langkah mudah maka widget kotak pencarian pun sudah terpasang dengan manisnya pada halaman blog sobat. Tertarik untuk mencobanya? Langsung saja simak cara berikut ini.

1-Login kedalam dasbor blog.

2-Pilih tata letak.

3-Pilih tambah widget.

4-Pilih HTML/JavaScript, dan masukkan kode dibawah ini kedalam widget HTML/JavaScript


<p align="left">
<form id="searchthis" action="http://NAMABLOGANDA.blogspot.com/search" style="display:inline;" method="get">
<strong>Search<br/></strong>
<input id="b-query" maxlength="255" name="q" size="40" type="text"/>
<input id="b-searchbtn" value="Search" type="submit"/>
</form></p>

5-Pilih simpan, dan selesai.!

Sedikit catatan dari aku, ganti alamat Url http://namabloganda.blogspot.com dengan alamat blog sobat dan bahwa sanya sobat juga bisa memodifikasi atau merubah tampilan tulisan dalam kotak pencarian tersebut. Dengan cara merubah beberapa kode yang sengaja aku cetak tebal dan aku beri warna, yay.!! Demikianlah cara membuat kotak pencarian pada blogspot, selamat mencoba dan bye-bye…

Post a Comment

0 Comments