Advertisement

Cara Memasang Widget Alexa Kedalam Blog

Alexa logo
Ini cerita Tutorial yang ingin aku bagikan kepada kawan-kawan seangkatan aku,(Newbie). Kabetulan beberapa jam yang lalu aku baru saja menambahkan widget Alexa kedalam blog ini, dan kurang lebih 15 menitan si Alexa ini udah dengan manisnya duduk diside bar blog aku. oya, jika ada salah satu diantara sobat yang coba bertanya, apa sih Alexa itu dan gunanya untuk apa?. Terus terang saja aku sendiripun akan rada-rada belepotan ini menjawabnya. Maklum saja newbie.! Tapi menurut para mastah katanya sih kegunaan serta manfaatnya antara lain: Membangun kredibilitas terhadap website Anda. Sementara alexa Rank sendiri adalah peringkat yang diberikan terhadap suatu website berdasarkan trafik atau banyaknya pengunjung. 


Oke deh, aku lanjut kepada cara-cara memasangan widget Alexa Rank kedalam blog. Pertama buka sitenya www.alexa.com kemudian lakukan Registrasi/ pendaftaran. Cara registrasi bisa dengan memasukkan alamat email dan sandi Anda, tetapi untuk lebih praktisnya reg, melalui akun facebook saja. Setelah Anda Login pilih menu Produk tepat setelah menu Home, kemudian arahkan kursor ke bagian bawah dan pilih/klik: See other tools forsite owner Setelah terbuka halaman baru, selanjutnya pilih Alexa Site Widgets 

Alexa screenshot1
Setelah terbuka halaman baru, kemudian pilih Alexa Site Widget

Alexa screenshot2

Tunggu sebentar, setelah terbuka halamannya disini Anda diminta untuk memasukkan nama situs/ nama blog Anda. Misal: www.cerita-ngeblog.blogspot.com pada kotak. Kemudian klik Build widget

Alexa screenshot3
Setelah jendela baru terbuka kemudian Anda tinggal mengambil kode html tersebut. Yang nantinya harus dipasang pada Blog Anda masing-masing.

Alexa screenshot 4
Langkah selanjutnya adalah masuk ke ->Dashbord blog, setelah Login -> klik Judul Blog-> pilih Tata letak-> pilih Tambahkan Gadget-> pilih HTML/JavaScript-> lalu masukkan /pastekan kode Alexa yang sudah dicopy tadi/ tekan ctrl+v-> dan Save. Selesai sudah untuk memasang widget Alexa kedalam Blog, semoga dapat bermanfaat bagi para blogger pemula lainnya.Oya, jika sobat ingin mengedit data web/blog sobat pada Alexa, caranya tinggal klik Produk -> see other Tools forsite Owner-> kemudian pilih Edit your site. 

Post a Comment

1 Comments

Silahkan meninggalkan komentarnya.!
*(Mohon untuk tidak mencantumkan link hidup)